Biar Awet, Begini Cara Perawatan Kulkas yang Baik dan Benar


Kulkas atau lemari es merupakan salah satu elektronik dapur yang berfungsi sebagai alat pendingin untuk menyimpan berbagai jenis makanan.

Namun perlu diingat, penggunaan lemari es harus selalu terhubung dengan arus listrik. Jika kita lalai atau tidak bisa merawat kulkas dengan baik, maka kemungkinan besar akan berdampak buruk untuk performa kulkas itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk bisa merawat kulkas dengan baik dan benar yang bisa kamu coba di rumah.

1. Bersihkan bunga es secara berkala

cara perawatan kulkas

Bunga es terjadi karena adanya uap air hasil pengembunan suhu yang terlalu dingin di evaporator. Biasanya bunga es akan terjadi sekitar 2 sampai 3 minggu dan bunga es tidak berlaku untuk kulkas 2 pintu.

2. Jangan pernah menggunakan benda tajam

cara perawatan kulkas

Untuk membersihkan bunga es sangat tidak disarankan menggunakan benda tajam seperti pisau. Hal ini karena dapat memicu terjadinya freon bocor. Bersihkanlah kulkas dengan cara mencabut listrik atau memutar thermostart pada posisi 0 agar es bisa mencair dengan alami.

3. Perhatikan daya tampung kulkas

cara perawatan kulkas

Kulkas memiliki daya tampungnya masing-masing. Jika melebihi daya tampung yang sudah ditentukan akan mengakibatkan kulkas menjadi kurang dingin dan tidak ada rongga sirkulasi udara.

4. Gunakan stabilizer

cara perawatan kulkas

Agar arus listrik pada kulkas tetap stabil, maka yang kamu butuhkan adalah Stabilizer. Stabilizer ini berguna untuk menjaga agar listrik yang dialirkan ke kulkas tetap stabil jika sewaktu-waktu terjadi tegangan tinggi atau rendah.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa kamu coba di rumah agar kulkas kamu tetap terjaga dan selalu awet. Di Pasarwarga ada banyak produk kulkas dari berbagai merk yang bisa kamu cicil tanpa DP. Yuk, langsung cek di sini. #cicilsekaranghatisenang

You may also like

Banner

Banner

NEWLETTERS

Daftarkan email anda dan dapatkan informasi menarik dari pasarwarga.com.

Fanpage