Jangan Panik Dulu, Ini Tips Mengatasi Smartphone Yang Terkena Air


Smartphone merupakan perangkat elektronik yang memiliki komponen sangat sensitif terhadap air. Kecuali smartphone yang memiliki teknologi canggih water resistant (anti air). Lalu bagaimana jika smartphone yang kita miliki terkena air tanpa memiliki teknologi canggih water resistant ?

Tenang dulu, jangan panik. Karena ada beberapa tips dan trik menangani smartphone yang terkena air agar tidak langsung rusak atau mati total.

1. Matikan smartphone

jika smartphone

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika smartphone terkena air adalah langsung mematikan daya smartphone kamu.

Jangan biarkan smartphone dalam keadaan menyala, karena hal ini bisa mengakibatkan arus pendek terhadap komponen yang terdapat pada smartphone.

2. Segera lepas baterai

jika smartphone

Ketika smartphone sudah dalam keadaan mati, segeralah lepas semua komponen seperti baterai, memory card (kalo ada) dan SIM card untuk meminimalisir korslet pada smartphone.

3. Keringkan smartphone

jika smartphone

Mengeringkan smartphone bisa menggunakan kain kering atau vacuum cleaner untuk menarik air keluar. Jangan sekali-kali meniup smartphone yang terkena air, karena hal ini justru akan membuat air masuk semakin jauh ke dalam.

Kamu juga bisa menggunakan beras sebagai media pengeringan. Karena beras dipercaya memiliki tingkat menyerap kelembapan dengan cepat. Caranya gampang kok, kamu cukup masukkan smartphone ke dalam beras dan diamkan selama 2-3 hari.

4. Nyalakan ponsel

jika smartphone

Jika semua tahapan di atas sudah kamu lakukan, kamu tinggal coba nyalakan smartphone-nya. Jika masih menyala berarti smartphone kamu baik-baik saja, tapi jika smartphone kamu mati total segera bawa ke tempat service center.

You may also like

Banner

Banner

NEWLETTERS

Daftarkan email anda dan dapatkan informasi menarik dari pasarwarga.com.

Fanpage