Agar Mudik Kamu Bersama Keluarga Aman dan Menyenangkan, Yuk Download 5 Aplikasi Mudik Ini


Pulang ke kampung halaman atau mudik saat menjelang lebaran memang sudah menjadi tradisi yang melekat setiap tahunnya, khususnya bagi kebanyakan orang di Indonesia. Buat kamu yang ingin melakukan perjalanan mudik, memilih jalur yang cepat dan lancar menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi.

Banyak pemudik yang lebih memilih melakukan perjalanan pada malam hari atau pagi hari dengan alasan untuk menghindari kemacetan di beberapa titik arus lalu lintas seperti jalan tol. Maka dari itu, dibutuhkan beberapa aplikasi mudik yang bisa membantu dan memudahkan kamu dalam mencari rute saat melakukan perjalanan bersama keluarga.

1. Waze

aplikasi mudik

Buat kamu yang suka bepergian, pasti aplikasi  Waze ini sudah otomatis ada di smartphone kamu. Waze merupakan salah satu aplikasi navigasi untuk perangkat yang memiliki GPS. Selain itu, Waze juga memiliki beberapa fitur informasi berdasarkan lokasi pemakaianya, seperti informasi kecelakaan, kemacetan jalan, serta dapat mengkondisikan aturan lalu lintas saat sedang berada di jalan. Tak jarang pada waktu atau kondisi tertentu, tampilan Waze bisa sedikit berbeda dengan adanya ikon-ikon yang berubah mengikuti peristiwa atau momen tertentu, seperti Natal, Paskah, Halloween, Idul Fitri dll.

2. HERE WeGo

aplikasi mudik

Peta digital yang semula bernama HERE Maps milik Nokia kini sudah berubah menjadi HERE WeGo. Salah satu keunggulan dari aplikasi navigasi ini adalah kamu bisa menggunakan fitur penunjuk arah dalam mode offline atau tanpa perlu koneksi internet. Kamu hanya perlu mengunduh peta yang ingin kamu gunakan, bahkan kamu bisa mengunduh seluruh peta dunia untuk dipakai secara luring (offline).

3. NTMC Mudik

aplikasi mudik

Demi memberi kenyamanan dan informasi perjalanan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik, Polri menghadirkan aplikasi mudik bernama NTMC Mudik. Aplikasi NTMC Mudik ini telah bekerja sama dengan beberapa penyedia informasi lalu lintas lainnya yaitu seperti Google dan Waze. Sehingga pengguna aplikasi ini mengetahui lokasi mana yang menjadi titik kemacetan lalu lintas. Jadi pemudik bisa mengantisipasi dengan mencari jalur lain agar cepat sampai ke tujuan.

4. Ayo Mudik

aplikasi mudik

Aplikasi Ayo Mudik ini menyediakan beberapa informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan. Selain itu, aplikasi Ayo Mudik ini juga memberikan informasi mengenai jalur mudik serta fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik seperti lokasi posko mudik, SPBU, bengkel, masjid hingga ATM. Aplikasi Ayo Mudik merupakan hasil kolaborasi pemerintah dengan salah satu perusahaan startup nasional, Kudo. Namun sayangnya, saat ini aplikasi Ayo Mudik hanya tersedia untuk rute mudik yang ada di Pulau Jawa saja.

5. JMCARe

aplikasi mudik

Tak hanya Polri yang meluncurkan aplikasi mudik, PT Jasa Marga juga meluncurkan aplikasi bernama JMCARe. Dalam aplikasi ini terdapat fitur Smart Assistance yang dimana akan memberikan jalan atau rute alternatif tercepat yang pemudik inginkan. Ada pula fitur permintaan mobil derek yang bisa digunakan untuk para pemudik yang membutuhkan layanan derek hingga ke lokasi exit tol terdekat.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pemudik, aplikasi JMCARe juga menyediakan fitur laporan pengguna jalan, sehingga pengguna juga bisa menyampaikan informasi mengenai jalan tol seperti kecelakaan di jalan tol atau kerusakan fasilitas pelayanan yang ada di sepanjang jalan.

Agar bisa menikmati berbagai macam fitur yang disediakan pada aplikasi mudik di atas, kamu memerlukan smartphone Android/iOS yang memiliki spesifikasi dan performa mumpuni. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menemukan berbagai macam smartphone berkualitas dengan harga yang terjangkau di Pasarwarga. Kamu juga bisa kredit HP murah atau kredit HP online di Pasarwarga. Biar mudik kamu makin tenang, yuk mulai cicil kebutuhan smartphone kamu sekarang.

You may also like

Banner

Banner

NEWLETTERS

Daftarkan email anda dan dapatkan informasi menarik dari pasarwarga.com.

Fanpage