7 Cara Merawat AC Agar Tetap Awet dan Tetap Dingin Dengan Biaya yang Minim


Merasakan suhu udara yang terik dan lembap membuat kita tak betah lama-lama di luar ruangan dan lebih memilih untuk ingin santai di ruangan ber-AC. Tapi niat hati mau menyejukkan diri, justru tiba-tiba AC menjadi panas atau tiba-tiba mati tanpa sebab yang pasti. Pasti bakalan buat kamu nggak nyaman banget kan. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu tahu nih, tips dan trik gimana cara merawat AC agar tetap awet dan tetap dingin. Nah, langsung simak aja ulasan di bawah ini yuk.

1. Sesuaikan PK AC dengan kebutuhan ruanganmu

cara merawat ac

Paard Kracht (PK) AC menjadi hal pertama yang sebaiknya kamu perhatikan. Karena jika ukuran PK AC terlalu besar daripada ukuran ruangan, maka suhu ruangan tersebut akan terasa sangat dingin, begitupun sebaliknya, jika ukuran PK AC terlalu kecil daripada ukuran ruangan, maka suhu di ruangan tersebut akan terasa sangat panas dan pengap. Pilihlah ukuran PK AC yang sesuai dengan kebutuhan ruanganmu agar performa AC tetap stabil ketika digunakan.

2. Saat AC dinyalakan, usahakan ruangan selalu dalam keadaan tertutup

cara merawat ac

Mengapa demikian? Apabila AC digunakan untuk ruangan yang terlalu terbuka padahal PK AC terlalu kecil, maka kinerja AC akan bekerja dua kali lebih ekstra. Hal seperti inilah yang sering membuat AC menjadi cepat panas dan bisa menyebabkan kebocoran.

3. Jika tidak digunakan, AC lebih baik dimatikan

cara merawat ac

Kalau kamu ingin meninggalkan ruangan, pastikan AC selalu dalam keadaan mati/off. Selain membuat mesin AC menjadi awet dan tahan lama, kamu juga bisa lebih irit dalam menghemat biaya listrik.

4. Manfaatkan fitur timer pada remote AC

cara merawat ac

Disarankan, AC dinyalakan paling lama sekitar 7-8 jam dan setelah itu matikan agar mesin AC bisa sejenak beristirahat. Jika kamu kesulitan untuk mengingat kapan terakhir kali kamu menyalakan AC, manfaatkanlah fitur timer yang terdapat pada remote AC. Dengan begitu, mesin AC akan mati secara otomatis sesuai dengan berapa lama waktu yang kamu setel.

5. Jangan langsung menyalakan AC saat listrik padam atau tiba-tiba mesin AC mati

cara merawat ac

Cara merawat AC selanjutnya adalah jika AC tiba-tiba mati karena listrik padam atau tidak sengaja menekan tombol off pada remot AC, jangan menghidupkan AC secara langsung. Tunggu kira-kira 5-10 menit agar oli kompresor dan gas freon beristirahat sejenak. Menghidupkan AC secara langsung selain dapat merusak mesin AC juga akan menyedot listrik yang sangat banyak.

6. Service atau bersihkan AC secara rutin

cara merawat ac

Jika kamu merasa kondisi mesin AC sudah tidak dalam performa terbaiknya, segeralah lakukan service pada mesin secara rutin. Sebaiknya, lakukan service pada AC setidaknya sebulan sekali. Agar terhindar dari gangguan kesehatan terutama pada sistem pernapasan karena suhu udara yang kotor dan keruh akibat jarang dibersihkan.

7. Lakukan pengecekan berkala pada freon AC

cara merawat ac

Apabila suhu udara pada AC sudah mulai terasa panas dan hanya angin saja, itu artinya kamu harus segera lakukan pengecekan mesin pada freon AC. Tidak hanya bagian freon saja, tapi cek juga pada bagian kompresor/blower AC. Sebaiknya lakukan pengecekan berkala pada freon AC setiap 6 bulan sekali agar sirkulasi udara semakin segar dan sejuk.

Itulah beberapa tips dan trik bagaimana cara merawat AC agar tetap awet dan tetap dingin dengan biaya yang minim. Tentunya tips dan trik ini akan berhasil jika kamu melakukannya dengan konsisten. Karena lebih baik mencegah sebelum AC kamu benar-benar rusak dan terpaksa harus menggantinya dengan yang baru, dan justru hanya akan menambah beban pengeluaranmu. Semoga bisa menambah wawasanmu, ya!

You may also like

Banner

Banner

NEWLETTERS

Daftarkan email anda dan dapatkan informasi menarik dari pasarwarga.com.

Fanpage