Tips Cara Merawat Sofa Agar Tetap Awet Tahan Lama Sesuai Bahannya


Sofa merupakan salah satu perabotan utama pada hunian yang biasanya terdapat di ruang tamu atau ruang keluarga. Sofa dinilai mampu memperindah dan mempercantik tampilan rumah karena fungsi dan model bahannya yang beragam. Ada sofa yang terbuat dari kulit, beludru, katun, polyster hingga sutra.

Namun dalam memilih sofa, pastinya kita ingin memiliki sofa yang berkualitas dan awet tahan lama. Maka dari itu, kamu perlu melakukan beberapa langkah perawatan dan pembersihan rutin agar sofa tetap terlihat indah dalam jangka waktu yang lama. Yuk, simak cara merawat dan membersihkan sofa sesuai dengan bahannya.

1. Sofa Berbahan Katun

cara merawat dan membersihkan sofa

Sofa berbahan katun ini cukup populer dikalangan masyarakat karena cara perawatannya yang terbilang sangat mudah dan sederhana. Cukup dibersihkan dengan menggunakan air dan sponge atau setrika, sofa berbahan katun kamu akan kembali seperti baru seketika.

2. Sofa Berbahan Sutra

cara merawat dan membersihkan sofa

Meskipun sofa berbahan sutra jarang digunakan karena lebih sering untuk tirai atau sarung bantal sofa, kamu tetap bisa merawat dan membersihkannya dengan menggunakan dry cleaning.

3. Sofa Berbahan Kulit

cara merawat dan membersihkan sofa

Pada umumnya, sofa berbahan kulit ini memiliki 2 jenis, yaitu kulit asli dan kulit sintesis. Khusus untuk sofa berbahan kulit asli cara membersihkannya adalah dengan menggunakan pembersih khusus seperti lotion atau baby oil. Sedangkan untuk sofa berbahan kulit sintesis cara membersihkannya adalah cukup dilap dengan lap kering atau setengah basah.

4. Sofa Berbahan Polyester

cara merawat dan membersihkan sofa

Hampir sama dengan sofa berbahan sutra, cara merawat dan membersihkan sofa berbahan polyester adalah dengan menggunakan dry cleaning. Sofa berbahan polyester ini juga salah satu jenis sofa yang tidak boleh terkena air, karena akan merusak serat pada polyester itu sendiri.

5. Sofa Berbahan Kain

cara merawat dan membersihkan sofa

Sofa berbahan kain memang cenderung lebih mudah kotor. Untuk merawat sofa berbahan kain juga perlu perawatan yang ekstra dengan cara dicuci atau dengan di vacuum setiap hari. Proses pencuciannya pun tidak boleh sembarangan, harus dengan menggunakan lap setengah basah atau dry cleaning.

Itulah beberapa tips dan cara membersihkan serta merawat sofa sesuai dari bahannya. Memang beberapa sofa memiliki bahan khusus sehingga membutuhkan perawatan yang khusus juga.

You may also like

Banner

Banner

NEWLETTERS

Daftarkan email anda dan dapatkan informasi menarik dari pasarwarga.com.

Fanpage