Mitos dan Fakta Seputar Olahraga yang Wajib Kamu Tahu, Biar Nggak Keliru!


Berolahraga merupakan salah satu jenis kegiatan fisik yang memiliki sejuta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh jika dilakukan dengan rutin dan konsisten. Diantaranya seperti membantu program diet, menjaga kesehatan hati dan jantung, menurunkan kadar kolesterol  dalam tubuh, hingga mampu menjaga daya tahan tubuh dan stamina agar tetap bugar setiap hari.

Namun seringkali aktivitas fisik seperti berolahraga ini dikatikan dengan hal-hal berbau mitos dan fakta, seperti sarapan dulu atau olahraga dulu hingga tidak boleh minum dingin setelah berolahraga. Nah, biar kamu nggak ikutan keliru mana yang mitos dan fakta seputar olahraga, di bawah ini adalah beberapa penjelasan mitos dan fakta seputar olahraga.

1. Mitos atau Fakta? Sarapan dulu baru berolahraga

mitos dan fakta seputar olahraga

Mitos dan fakta seputar olahraga yang pertama, jawabannya adalah Mitos. Hal ini dikarenakan pada saat berolahraga dalam keadaan perut kosong maka tubuh akan menjadikan cadangan lemak dalam tubuh sebagai sumber utama untuk pembakaran sebagai penghasil energi. Jadi dianjurkan, lebih baik kita berolahraga dalam keadaan perut kosong atau berolahraga sebelum sarapan. Dengan begitu cadangan lemak sisa kemarin yang tersimpan pada tubuhmu otomatis akan berkurang.

2. Mitos atau Fakta? Tidak boleh langsung mandi setelah berolahraga

mitos dan fakta seputar olahraga

Jawabannya adalah Fakta. Buat kamu yang hobi berolahraga tapi langsung mandi karena tidak betah berlama-lama dengan kondisi badang yang bau keringat dan lengket, sebaiknya kebiasaan itu kamu hentikan mulai sekarang. Karena selain memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh kamu, langsung mandi setelah berolahraga justru bisa menimbulkan penyakit seperti demam hingga kejang-kejang.

Hal ini biasa terjadi karena ketika berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang dimana pori-pori tubuh sedang terbuka dan suhu tubuh berada pada posisi tinggi/panas. Dalam kondisi tersebut jika langsung dipaksakan mandi maka suhu tubuh akan menurun secara drastis, dan hal ini lah yang bisa menyebabkan tubuh kamu terserang demam atau kejang-kejang. Sebaiknya beri jeda 20-30 menit setelah lelah berolahraga untuk menetralkan suhu tubuhmu, barulah kamu bisa mandi sepuas hati.

3. Mitos atau Fakta? Minum air dingin setelah berolahraga bisa merusak metabolisme tubuh

mitos dan fakta seputar olahraga

Jawabannya adalah Fakta. Minum air dingin setelah lelah berolahraga dipercaya mampu mengatasi dehidrasi. Memang iya, tapi itu hanya sesaat. Perlu kamu ketahui, minum air dingin setelah berolahraga justru bisa merusak sistem metabolisme yang ada pada tubuh kamu. Dehidrasi yang ditandai dengan keluarnya cairan berupa keringat dari dalam tubuh membuat kamu membutuhkan suplai cairan tubuh yang baru, yaitu dengan air minum.

Tapi ketika kamu minum air es, maka metabolisme tubuh kamu akan langsung turun secara drastis. Dalam kondisi ini pembuluh darah akan menyempit serta suplai darah akan berkurang. Maka jangan heran jika kamu minum air es seringkali membuat kamu merasa pusing. Itu dikarenakan suplai oksigen yang menuju ke otak terhambat. Wahh, bahaya juga ya.  Mulai sekarang minumlah air yang biasa saja, tidak dingin dan tidak panas.

4. Mitos atau Fakta? Olahraga lebih baik dilakukan pada pagi hari

mitos dan fakta seputar olahraga

Jawabannya adalah Mitos. Kesibukan setiap orang berbeda-beda tidak bisa dipukul rata, begitupun dengan waktu berolahraga. Berolahraga di pagi hari atau malam hari itu sama, sah-sah saja untuk dilakukan. Asalkan tidak berlebihan dan masih dalam batas yang wajar. Berolahraga di malam hari juga bisa membuat tidurmu lebih pulas dan berkualitas, lho. Hal ini dikarenakan setelah berolahraga kondisi tubuh sedang berada dalam titik terlelahnya dan butuh istirahat. Jadi buat kamu yang kadang susah tidur sampai insomnia, berolahraga di malam hari ini bisa kamu coba nih.

5. Mitos atau Fakta? Otot akan berubah menjadi lemak saat berhenti berolahraga

mitos dan fakta seputar olahraga

Jawabannya adalah Mitos. Mudahnya, otot dan lemak merupakan dua hal yang berbeda, meskipun berada dalam satu tubuh tapi juga memiliki fungsi yang berbeda pula. Karena otot yang kamu latih pada saat berolahraga akan mengendur jika kamu tidak lagi aktif berolahraga atau berhenti berolahraga. Beda halnya dengan lemak, lemak merupakan bentukan dari banyaknya jumlah kalori dan karbohidrat yang kamu konsumsi dan kamu timbun setiap hari. Jadi jika kamu sudah berenti berolahraga dan jadi sering nyemil, ya alamat berat badan kamu akan naik dan lemak-lemak itu akan kembali bersemayam dalam tubuhmu. Mau tak mau jika ingin membakar lemak tersebut ya dengan aktif kembali untuk berolahraga.

6. Mitos atau Fakta? Semakin panas suhu tubuh maka semakin banyak pula kalori/lemak yang dibakar

mitos dan fakta seputar olahraga

Jawabannya adalah Mitos. Jika kamu salah satu orang yang berolahraga menggunakan jaket di siang hari dengan tujuan agar lebih banyak membakar kalori/lemak, itu artinya kamu keliru. Panas suhu tubuh yang meningkat saat berolahraga disebabkan karena adanya peningkatan aktivitas jantung untuk memompa darah agar detak jantung dan suhu tubuh stabil.

Jika kamu berolahraga di siang hari menggunakan jaket, itu hanya akan merangsang tubuh untuk produksi keringat dan membuat kamu dehidrasi dua kali lebih cepat. Jika kamu ingin mengetahui seberapa banyak kalori serta lemak yang kamu bakar, kamu bisa menggunakan beberapa alat olahraga seperti mi band atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi kesehatan yang ada di smartphone kamu.

Itulah beberapa mitos dan fakta seputar olahraga yang wajib kamu tahu. Jika selama ini kamu telah keliru, secepatnya kamu ganti menjadi kebiasaan baik yang baru. Karena efek yang dirasakan mungkin bukan saat ini, bisa saja beberapa bulan atau tahun lagi. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati kan.

You may also like

Banner

Banner

NEWLETTERS

Daftarkan email anda dan dapatkan informasi menarik dari pasarwarga.com.

Fanpage