Punggung Berjerawat Ganggu Aktifitasmu? Atasi Dengan 5 Cara Ampuh Ini


Memiliki jerawat di punggung memang bukan hal yang menyenangkan. Hal ini disebabkan karena pada bagian punggung terdapat jaringan folikel sebaceous atau yang biasa disebut sebum (minyak kulit). Hampir mirip dengan jerawat di wajah, punggung berjerawat biasanya disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan produksi sebum secara berlebihan dan kelenjar minyak yang terlalu aktif.

Untuk mengatasi jerawat di punggung sebenarnya lebih sulit dibandingkan dengan mengatasi jerawat di wajah. Oleh karena itu, butuh penanganan yang khusus dan tidak bisa sembarang cara untuk mengatasi jerawat di punggung.

1. Jangan Menggunakan Pakaian Ketat

punggung berjerawat

Menggunakan pakaian ketat dapat memerangkap panas dalam tubuh dan menyebabkan gesekan antara kulit dan bahan pakaian. Hal ini justru dapat membuat kulit terasa lembab dan malah memperburuk kondisi jerawat.

2. Mandi Setelah Berkeringat

punggung berjerawat

Keringat yang menempal pada kulit tubuh kita dan pakaian dapat menjadi awal mula bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, disarankan untuk langsung mandi setelah tubuh berkeringat atau sehabis melakukan aktifitas yang menimbulkan keringat, agar bakteri yang menyumbat pori-pori cepat hilang dan tidak berlama-lama di punggung kamu.

3. Gunakan Sabun Mandi Khusus

punggung berjerawat

Jika jerawat punggung yang kamu alami tergolong dalam kategori jerawat ringan, kamu bisa gunakan sabun mandi khusus yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Gunakan secara rutin setiap kali kamu ingin mandi, tapi jangan digosok terlalu kasar pada permukaan kulit punggung yang berjerawat, karena hanya akan membuat jerawat kamu semakin meradang.

4. Pakai Pelembab Secara Rutin

punggung berjerawat

Untuk memperbaiki lapisan sel dari kulit tubuh yang berjerawat, gunakan pelembab yang mengandung zat non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori jerawat. Janga lupa juga untuk menggunakan exfoliating scrub minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.

5. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

punggung berjerawat

Lemon dan jeruk merupakan beberapa buah yang mengandung sejumlah senyawa yang sangat bagus untuk kesehatan kulit, terutama untuk menghilangkan jerawat di punggung. Zat nitrat yang terkandung pada lemon mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencegah perkembangan bakteri. Dengan rutin mengkonsumsi buah lemon menjadi salah satu awal dalam menghilangkan jerawat di punggung.

Baca Juga: Takis Bau Badan dengan Rajin Konsumsi 5 Bahan Makanan Ini

Itulah beberapa tips mengatasi punggung berjerawat yang bisa kamu coba di rumah. Namun jika semua hal di atas sudah kamu lakukan tapi masih belum ada perubahan, sebaiknya kamu langsung datang ke dokter kulit agar cepat mendapatkan penanganan yang intensif lebih lanjut.

You may also like

Banner

Banner

NEWLETTERS

Daftarkan email anda dan dapatkan informasi menarik dari pasarwarga.com.

Fanpage