5 Tips Mudah Jaga Kebersihan Kasur Agar Tidurmu Bisa Jadi Mimpi Indah di Rumah


Bisa tidur nyenyak di atas kasur yang empuk, bersih dan wangi telah menjadi keinginan setiap orang, mungkin kamu termasuk salah satunya. Nah, sebagai salah satu ruangan yang dimana kamu bisa menghabiskan waktu 7 hingga 8 jam untuk beristirahat, tentunya kamu tidak mau kan kasur yang kamu gunakan kotor karena debu, tungau, kuman hingga jamur yang bisa memicu berbagai macam gejala penyakit, seperti alergi, batuk, kulit gatal hingga asma.

Agar bisa mendapatkan tidur nyenyak yang sehat dan berkualitas, baiknya kamu selalu menjaga kebersihan kasurmu secara teratur. Namun, cara membersihkan kasur juga tidak boleh asal-asalan, lho. Kira-kira bagaimana ya caranya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Mulai rajin menjemur kasur secara teratur, biar kuman dan kotoran pada kabur

tidur nyenyak

Menjemur kasur di bawah panas sinar matahari dipercaya mampu mengusir sarang tungau (kutu busuk) penyebab asma dan alergi yang bersarang di sela-sela serat kasur. Jangan heran saat kamu bangun tidur terkadang badan kamu terasa gatal dan merah-merah, hal ini disebabkan karena bakteri tersebut muncul pada saat kamu sedang tertidur lelap. Makanya sangat disarankan buatmu menjemur kasur secara teratur biar kuman dan tungau penyebab penyakit pada kabur.

2. Rajin mengganti sprei minimal seminggu sekali

tidur nyenyak

Tanpa kita sadari, sprei yang sudah lama tidak kita ganti/cuci akan menjadi sarang bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Idealnya, sprei harus dicuci seminggu sekali. Jangan lupa untuk direndam di air panas terlebih dahulu dan gunakan deterjen yang mengandung anti-bakteri.

3. Gunakan vacuum agar kasur lebih bersih maksimal

tidur nyenyak

Pernah merasakan sesak napas hingga bersin-bersin berkepanjangan? Bisa jadi hidungmu sudah terkontaminasi bakteri yang sudah lama hinggap di kasur kamu. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mem-vacuum kasur kamu setiap 3 hari sekali setelah digunakan sesaat setelah di jemur. Agar kasur kamu jadi lebih bersih maksimal dan bakteri yang menempel pada kasurmu tersedot hingga ke serat-seratnya.

Baca Juga: Begini Cara Hilangkan Mendengkur Akut yang Berlanjut! Jangan Anggap Sepele

4. Jaga kelembapan suhu kamar tidur

tidur nyenyak

Salah satu ciri kamar tidur yang sehat adalah kamar tidur yang memiliki ventilasi udara yang baik agar suhu kamar tetap terjaga. Artinya, kamar tidur tidak terlalu lembap yang bisa membuat kotoran dan bakteri semakin betah berlama-lama di kasurmu. Atau kamu juga bisa menggunakan AC atau kipas angin biar kondisi suhu kamar tetap terjaga.

5. Mandi dengan menggunakan air hangat sebelum tidur bisa membuat tidurmu jadi lebih nyenyak, lho!

tidur nyenyak

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mandi dengan menggunakan air hangat sebelum tidur. Mandi malam dengan air hangat juga dipercaya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah serta menjaga kesehatan paru-paru. Jangan lupa untuk gunakan sabun anti-bakteri agar keringat serta kotoran yang menempel di tubuhmu bisa terangkat hingga ke pori-pori.

So, itulah beberapa cara mudah untuk jaga kebersihan kasur agar kamu bisa tidur nyenyak di rumah. Lakukan cara tersebut secara konsisten ya. Jangan lupa baca doa agar nanti mimpimu bisa jadi lebih indah.

You may also like

Banner

Banner

NEWLETTERS

Daftarkan email anda dan dapatkan informasi menarik dari pasarwarga.com.

Fanpage